TD-W8961ND Modem TpLink Performa Tinggi

Sedekah

Sedekah

Selasa, 16 Oktober 2012

TD-W8961ND Modem TpLink Performa Tinggi

Mengenal lebih dekat modem Tplink, apa itu modem, apa itu router dan kapan harus memakainya


Kalo mas Bro and mbak Sis baca judul artikel ini pasti ngira kalo ane mo coba promosiin modem Tplink ini, nggak juga karena ane gak jualan. Boleh dibilang yach juga karena ane nulis apa yang ane pakai dan puas dengan produk ini. Tapi benarnya judulnya kurang lengkap, mestinya gak cuma modem tapi wireless modem ADSL router. Nah lho apa bedanya? Tentu beda.

Kalo dibilang modem saja yach berarti gak ada fitur NAT (network address translation) ato fitur router didalamnya. Sek tach, fitur NAT itu apa? NAT adalah fitur yang memungkinkan kita bisa berbagi satu IP address public ato IP yang terdaftar di Internet dengan semua computer yang menggunakan IP address private yang ada dibelakang router, ato jaringan private kita. Perhatikan diagram dibawah ini, interface router yang menghadap ke internet mempunyai satu IP address yang terdaftar ato umum disebut IP public yang sifatnya unik tidak ada yang menyamai diseluruh jagat internet. Sementara IP private adalah kelompok IP address yang tidak terdaftar dan hanya dipakai dibelakang router atau pada jaringan internal kita. Sehingga satu account internet dari ISP bisa dipakai berinternet rame-rame oleh sekelompok computer dirumah. Begitu kira kira sederhananya.



Kalo ditambahin wireless ADSL router berarti perangkat ini mempunyai fitur router dengan wireless access point didalamnya. Itu berarti hanya dengan satu perangkat ini saja agan mas Bro mbak Sis sudah bisa membuat jaringan wireless di rumah atau di kantor kecil yang umum disebut SOHO (small office home office) kalo diartikan kantor kecil kantor rumah …. Kok gak enak yach, ato kantor kecil yang ada dirumah kecil dengan karyawan kecil …hmm gak enak juga kepanjangan …so whatever…know what I mean?

Jadi apa yang kita dapatkan dari modem Tplink TD-W8961ND ini? Yach itu tadi, hanya dengan satu perangkat ini agan bisa berbagi satu sambungan internet dengan beberapa computer, laptop, smart-phone dengan Wi-Fi, iPad, Galaxy Tab dan semua jenis perangkat yang mempunyai adapter wifi. 

Tahu model yang sekarang jauh lebih manis dibanding dengan model lama yang dikemas hanya dengan design kotak warna putih dengan garis hijau didepan panelnya. Tapi yang model baru bener manis, suka banget coba lihat gambar dibawah ini, manis kan bentuknya.






Sebelumnya ada baiknya kenali dulu port-port dibelakang perangkat ini seperti terlihat pada diagram dibawah ini. Ada empat port Ethernet, power adapter dengan tombol On-Off power, dan satu port RJ-11 yang disambungkan ke saluran telpon. Agar bisa menggunakan telpon dirumah, maka perlu ditambahkan splitter (biasanya memang sudah termasuk dalam box saat membeli) agar bisa menggunakan telpon dan internet sekaligus tanpa harus saling mengganggu.




Setelah port-port sudah dikenali, maka cara nyambungin ke perangkat jadi lebih gampang. Kalo boleh digambarkan seperti di diagram jaringan dibawah ini. Keren nggak bro …? Kok modem gateway yach namanya? Yach emang gateway, pintu gerbang internet – hanya ada satu pintu saja untuk bisa akses ke internet.  



Yach, dengan modem Tplink ini (TD-W8961ND) agan bisa koneksikan empat buah computer pakai kabel jaringan, beberapa laptop (yang ada Wifi nya), dan juga semua jenis tablet computer  termasuk iPad, Samsung Galaxi dan lainnya. 

Digambar ini ada Apple TV itu apa? Itu adalah perangkat wireless TV adapter yang memungkinkan kita download segala content internet termasuk video dan bisa langsung nonton di TV tanpa harus menghidupkan computer. Ada juga perangkat streaming yang namanya Belkin WiDi yang memungkinkan kita streaming apa yang ada di laptop di tayangkan ke HDTV layar lebar agan dari laptop yang ada logonya Intel WiDi jadi semacam layar projector. Gak perlu harus bergerombol ngelilingin layar laptop yang Cuma 14”. Relax duduk di sofa and nikmati rame-rame nonton video yang ada di laptop agan.

Jika mas Bro and mbak Sis berlangganan Speedy sementara modem yang ada sekarang hanya bisa terhubung ke satu computer saja, maka saatnya mengganti dengan modem Tplink ini agar bisa membentuk jaringan wireless dengan mudahnya. TD-W8961ND ini dibesut dengan technology standard 802.11n dengan dua buah antenna external Omni directional dengan technology MIMO bisa memberikan kecepatan sampai 300Mbps (ideal teoritis).  

Dengan adanya jaringan Wifi dirumah hanya dengan satu sambungan Speedy, mas Bro and Mbak Sis da bisa roaming disekeliling rumah tanpa kabel, laptop dikamar nomor 10, desktop dikamar nomor 21, dan tablet computer iPad atau Samsung Galaxy di kolam renang di belakang rumah, dimana aja dech nyaman berselancar internetan tanpa kabel. 

Modem Tplink TD-W8961ND ini cukup handal, ane beli satu dirumah menggantikan modem gateway yang gak ada Wifinya dari Juli 2010 sampai artikel ini ditulis 10/2012 masih aja stabil, gak Cuma satu dua jam hidup tiap hari, akan tetapi dari jam 4 pagi sampai minim jam 10 malam. Dan sangat sering sekali hidup 24 jam berhari hari kalo first child malam malam downloading filem filem animasi jepun, maklum anak ane kuliah di satra Jepun Unair, yang gampang masuknye gak susah susah macam fakultas Teknik. 

By AH



Tidak ada komentar:

Posting Komentar