Mengenal Tplink TD-W8968 Wireless ADSL Router

Sedekah

Sedekah

Rabu, 24 Oktober 2012

Mengenal Tplink TD-W8968 Wireless ADSL Router

TD-W8968 model baru dari Tplink yang merupakan Wireless ADSL Router – all in one device untuk jaringan Wifi anda dirumah.


Ane mo bahas produk andalan dari Tplink ini cing, wireless ADSL modem yang ciamik. Untuk apa sich produk ini? dari namanya saja ketahuan Bro, kalau perangkat ini adalah gabungan dari beberapa fungsi dalam satu perangkat yaitu modem ADSL, 4-port Switch, dan juga wireless N300 router. Untuk siapa? Yach untuk mas Bro dan mbak Sis semua yang berlangganan layanan ADSL dirumah (Speedy).

TP-Link TD-W8968 ADSL Wireless N300 


Ini adalah seri baru yang ane kira generasi penerus dari TD-W8961ND N300 yang terus terang ane punya yang seri ini sangat bandel, koneksinya solid dan tahan banting. Bayangin aja hidupnya dari jam 4 (subuh) sampai tengah malam. Kalo pagi muput banget itu ane yang makai, habis solat jama’ah subuh ato bahkan sebelum subuh udah ane hidupin buat ngenet, yach cek-cek email dan status websites dan lain-lain. Ntar matinya malam sekali, kalo ane tidur jam 10 anak anak masih pakai internetan, kalo download dibiarin hidup terus sampai subuh …jadi kagak ada matinya seringan. Apa bedanya dengan seri baru ini?

TD-W8968 ini dikemas dengan fitur lebih lengkap. Coba perhatiini daftar fitur utamanya dibawah ini:

  1. Perangkat all-in-one gabungan ADSL modem, router, switch 4-port, dan wireless N access point
  2. Speed wifinya sampai 300Mbps
  3. IP QoS yang bisa memberikan prioritas bandwidth berdasarkan IP


Ketiganya sama dengan seri pendahulunya TD-W8961ND, akan tetapi beberapa fitur dibawah ini yang bikin beda Bro:

  1. Terdapat port USB 
  2. Port EWAN (Ethernet WAN) 


Coba perhatikan backpanel router Tplink dibawah ini yang menjelaskan port-port dan koneksinya sehingga jelas bedanya dengan seri pendahulunya TD-W8961ND.

Backpanel TD-W8968

Port USB bisa ente gunakan untuk sharing storage atau printer USB. Kagak cuman itu, port USB ini support FTP dan Media server. Dengan dukungan media server maka storage yang ente koneksikan ke USB ini bisa diakses dengan mudah dengan cara streaming ke HDTV, atau kalo punya XBOX ato gaming console lainnya. Sayangnya hanya ada satu port USB nich Bro, padahal ane berharap ada dua port USB kayak pada wireless router Asus RT-N56U itu. Hampir semua router produksi Asus mempunyai dua port USB, praktis banget untuk sharing disk storage dan printer sekaligus, gak usah ganti ganti port. 

Gambar berikut mengilustrasikan fungsi dari port USB ini, dari sharing printer, storage, multimedia ataupun fungsi FTP server untuk remote akses.

Multi fungsi USB port TD-W8968


Satu lagi yang bikin beda adalah satu port EWAN. Dari empat buah port yang tersedia terdapat satu port EWAN yang bisa saling tukar untuk dipakai sebagai port Ethernet biasa ataupun sebagai port WAN untuk koneksi ke modem Cable atau jaringan metropolitan. Jadi kalo ada layanan Cable ato Fast Ethernet di perkotaan ente bisa gunakan nich modem, gak Cuma untuk ADSL saja. Misal pada layanan Cable broadband dengan menggunakan Cable modem Motorola Surfboard SB6141 bisa langsung colokkan ke port EWAN ini. Tapi gak bisa digunakan keduanya, salah satu saja. Kan ada tuch wireless router yang bisa menggunakan koneksi WAN dari modem broadband (cable / ADSL) dan GSM yang bisa saling failover. Jadi kalo koneksi internet utama (missal speedy) mati, maka automatis menggunakan koneksi GSM / 3G. missal saja Cradlepoint MBR95 Wireless Mobile Router. Lebih detail MBR95 Cradlepoint mobile router ini silahkan ikuti linknya.

Nah itu dia produk andalan baru wireless ADSL modem router Tplink TD-W8968 yang multifungsi.

Salam,
AH



2 komentar:

  1. Mas Ali, Mau tanya nih...kalo mau setting TP Link nya biar connect dengan DVR CCTV gimana caranya yah??? Saya pernah pakai TP link yang type TD-W8101G dan pernah berhasil connect dengan CCTV (karena kebetulan saya search di internet cara setting nya tampilan menunya sama persis dengan yang type ini) nah kebetulan rusak saya ganti dengan yang TD-W8968 pas mau setting wah...tampilan nya beda banget.....mohon bantuannya mas....
    Salam - Kurniawan, Tangerang.

    BalasHapus
  2. Sorry Bro ...belum pernah konekin ke CCTV ... maksudnya tampilan apanya? menu konfigurasi yach ...mestinya prinsipnya sama saja, CCTV sebagai clients dengan IP tertentu asal kan IP network nya sama mestinya gak perlu ada perubahan ...gimana, da berhasil belum?

    BalasHapus